19 Mei 2024 - Ps. Maruli LG

Caleb The Conquerer: Seorang yang tidak pernah lupa pada apa yang telah dijanjikan oleh Allah kepada dirinya. Dia adalah Kaleb, walau harus menunggu 45 tahun kemudian untuk memperoleh tanah yang dijanjikan Allah kepadanya.

Yosua 14:12-14

Bagaimana Kaleb memperoleh tanah perjanjian?

Pada saat Kaleb menjadi bagian dari tim pengintai yang diutus oleh Musa untuk mengintai tanah Kanaan dan mereka kembali untuk memberikan laporan kepada Musa di depan segenap bangsa Israel, ketika 10 orang memberikan laporan yang buruk.

Kaleb (Bilangan 13:30) memberikan sebuah laporan yang berbeda dengan sebuah keyakinan akan janji Tuhan bahwa tanah itu milik bangsa Israel. 

Bilangan 13:17-21, 25-33

Kaleb menghadapi situasi sulit

Situasi sulit yang Kaleb hadapi meliputi:

  • Rusaknya Mental bangsa Israel karena ketakutan yang mereka alami (datang dari mata mereka: penglihatan fisik)
  • Perkataan apatis/toxic yang lahir karena tidak mengenal Allah dengan benar, bangsa Israel mengetahui Allah tapi mereka menolak pribadi Allah

Bilangan 14:6-10

Kunci penting menghadapi situasi sulit:

  1. Membangun iman (keyakinan yang kuat)
    Bilangan 13:30
    Fakta merupakan realitas tetapi kebenaran Allah adalah pokok yang harus dijadikan jangkar keyakinan yang kuat dibangun atas dasar kebenaran Firman Allah.
    Efesus 3:17
    Ibrani 11:1

  2. Keberanian 
    Bilangan 14:9, 24

  3. Penundukan diri dalam Ketuhanan
    Seorang Kaleb bisa menjadi orang yang luar biasa dihadapan semua rakyat Israel dan disegani, tetapi kita juga harus mengetahui bahwa Ia merupakan orang yang menundukkan diri kepada Tuhan dan kepada otoritas yang Tuhan berikan dalam hidupnya yaitu MUSA.